Tips Memasang Kolom Komentar Yang Bagus Untuk Blog Baru

Posted on

Halo Teman-teman lama ga update postingan, baik kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana cara memasang kolom komentar yang bagus untuk blog baru agar para pengunjung blog kita mau memberikan komentar.

Banyak sekali para blogger pemula yang bimbang saat akan memasang kolom komentar di blog mereka termasuk juga saya, karena mereka di suguhkan dengan berbagai macam pilihan seperti kolom komentar default blog (blogspot/wordpress) facebook dan juga disqus, tapi tidak sedikit juga yang tidak memperdulikan hal ini.

Cara Memlilih Kolom Komentar yang Bagus untuk Blog
Cara Memlilih Kolom Komentar yang Bagus untuk Blog

Menurut saya pemasangan kolom komentar yang tepat saat membuat blog baru ini efeknya akan sangat berakibat pada kelangsungan blog, karena apabila blog kita sepi dari komentar maka secara tidak lansung akan menurunkan peringakat blog kita di mata search engine.

Kelebihan dan Kekurangan Kolom Komentar Default, Facebook dan Disqus

  • Default

Kelebihan: Semua orang bisa berkomentar di blog, tampilan komentar para pengunjung bisa di edit, ringan dan juga pemilik blog mempunyai akses 100% terhadap semua komentar

Kekurangan: Untuk kolom komentar blogspot tampilannya tidak bisa di edit

  • Facebook

Kelebihan: Tampilannya menarik dan juga mudah di gunakan pengunjung karena hampir semua orang di dunia ini sekarang mempunyai akun Faceboook

Kekurangan: Akses terbatas apabila ada komentar yang kurang pas, loading blog menjadi lama dan paling parah memudahkan pengunjung memberikan komentar spam

  • Disqus

Kelebihan: Kolom komentar Disqus terlihat lebih menarik, terdapat fitur untuk menghapus komentar, terdapat fitur edit komentar yang kurang pas dengan isi blog atau berbau spam dan juga terdapat fitur import komentar lama.

Kekurangan: Pengunjung yang bisa berkomentar hanyalah orang-orang yang terdaftar sebagai pengguna disqus, sedangkan mayoritas orang indonesia saat ini masih sedikit sekali yang menggunakan disqus bahkan ada juga yang belum tahu sama sekali.

Setelah membaca sebagian dari kelebihan dan kekurangan kolom komentar default, Facebook dan Disqus, ada baiknya kalian mempertimbangkan terlebih dahulu kolom komentar yang mana yang akan di pasang di blog.

Pemasangan kolom komentar blog ini bisa kalian sesuaikan dengan niche blog yang sedang kalian garap, tujuannya agar membuahkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

Contoh kecilnya blog yang sedang kalian baca ini adalah blog niche tutorial dan internet marketing, sudah di pastikan 90% pengunjung blog ini adalah blogger dan pengguna/pelaku internet marketing yang sudah paham dunia online, Kenapa saya membiarkan kolom komentar blog ini default dan tidak menggunakan Facebook ataupun Disqus? Jawabannya, karena kebanyakan para internet marketer itu sukanya Anonymous dan jarang berkomentar di tempat terbuka, entah takut banyak yang PM karena ketahuan wujud aslinya entah juga takut dibully karena ketahuan newbie.

Intinya mah Wallahu a’lam bissawab lah. hee

Sekian dulu kapten tips memasang kolom komentar yang bagus untuk blog baru, jika ada yang mau ditanyakan tinggalkan aja di kolom komentar, dan jangan lupa share jika menurut kalian bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *